Slip Kopling Klx 150 Dan Cara
Meperbaiki Nya ......??
Sedikit
ulasan tentang kopling selip pada Klx 150 yang sering terjadi dengan motor tersebut. Sering kali jika kita memakai motor klx 150
mendapatkan hal kopling selip atau lebih parahnya lagi jebol. Saat kita
melakukan kegiatan cross di daerah pegunungan, kita menggunakan medan menanjak yang sudah ada, mendapatkan selip kopling adalah hal yang
membuat jengkel, dan membuat permainan kita menurun. Kopling adalah
salah satu komponen yang mendapat peran banyak dalam hal menjelajah medan sulit Kopling bawaan pabrik kawasaki klx 150 sering kali selip, padahal itu barang ori
pabrik loh Crosser! Akan tetapi tenang, sudah banyak cara mengatasi kopling KLX
150 yang sering bermasalah itu. Ada beberapa cara untuk mengembalikan peforma
KLX 150 kesayangan anda.
Cara
praktis untuk mengatasi selip yang sering terjadi pada KLX 150. Dan kita
menambahkan sekitar 200-300ml oli mesin (baru) untuk melumasi plat kopling yang
sirkulasi olinya kurang baik. Dengan begitu bagian kopling pada KLX 150
terlumasi dengan mudah (jika sudah ditambahkan). Kalau anda memiliki KLX 150
diatas tahun 2011, maka penambahan 300ml ini tidak perlu, karena KLX 150 sudah
berkapasitas 1,2 liter dari pabrikannya.
Subtitusi Plat kopling KLX 150 dengan
Honda GL Pro
Banyak
beredar bahwa plat kopling KLX 150 dapat di subtitusi dengan plat kopling Honda
GL-PRO ataupun plat kopling Honda Tiger. Nah pernyataan tersebut benar , untuk
plat kopling GL-PRO ada 5 lembar, kalau Tiger ada 4 lembar. Ingat ya GL-PRO
yang biasa, bukan yang neo-tech. Dengan kita mengganti plat kopling dengan yang
diatas, gap (jarak) antara plat kopling akan semakin sempit dan membuat plat
kopling ga selip. Dianjurkan memakai parts OEM pabrikan Honda, karena part
terpercaya ketelitiannya adalah barang pabrikan. Tapi boleh aja pake yang KW
atauga pake plat kopling racing. Bisa juga pake plat kopling racing untuk
GL-PRO. Dengan begini peforma motor KLX 150 anda tidak akan mengecewakan
lagi. OH IYA! Crosser dapat menggunakan plat kopling KX juga loh, tapi
kalau itu sesuai selera sih, ada yang nyaman pakai yang ORI motor honda
karena kalau ada apa apa gampang, kalau udah pake plat KX kebawaannya pingin
pake lagi dan lagi (walaupun harganya yang relatif mahal).
Subtitusi Plat kopling Kawasaki KX85
Masih
kurang puas dengan kampas kopling GL Pro? Kawan bisa menggantinya dengan kampas
kopling Kawasaki KX85. Soal kualitas jangan diragukan lagi gimana kuatnya kampas
kopling KX85 ini. Bukan apa-apa, KX85 diciptakan sebagai motor balap dalam
ajang motocross. Nggak heran kalau kualitasnya memang di atas rata-rata.
Menariknya, kampas kopling KX85 juga plug and play pada KLX150. Bakal lebih
klop lagi kalau kampas kopling KX85 dipadukan dengan per kopling KX85 juga. Di
pasaran, kampas kopling KX85 dijual dengan harga sekitar Rp 175.000 per set
(lima lembar). Tinggal pasang saja beres
Mengganti
Per Kopling KLX
Menurut
kita, per kopling OEM KLX 150 masih terlalu lembek, dengan begini kecepatan
untuk memberikan tekanan kepada plat kopling kurang. Atau dapat dibilang kurang
galak. Jika para Crosser mengganti perkopling dapat menggunakan per kopling
Honda Tiger, Kawasaki Ninja 150 (2 Tak) ataupun Yamaha Jupiter MX 150. Kalau
barang aftermarket ada seperti perkopling CLD, Daytona, dsb. Semuanya tinggal
plug and play dirumah kopling KLX 150. Penggantian per kopling juga sesuai
selera, jika kita menghendaki yang empuk pakailah jupiter mx (kelebihannya
empuk tapi responsif, dan tahan terhadap kepanasan mesin) jika menghendaki yang
rada keras pakailah per tiger (lebih galak dari MX, tapi kalau udah kena panas,
tingkat kekerasannya terasa berkurang) jika menghendaki yang keras pakai aja
per ninja 150 (kelebihannya keras, dan tahan terhadap panas mesin, tapi mungkin
pegal tangan kiri untuk yang tidak terbiasa dengan per kopling yang keras).
Untuk per kopling aftermarket sudah tertera jelas berapa %tase kenaikan tingkat
kekerasan pada per kopling tersebut (spring clutch).
Melubangi rumah kopling dengan bor
Cara
ini bisa dilakukan untuk memaksimalkan pelumasan yang masuk kedalam komponen
susunan plat kopling karna memang setelah di cek secara teliti bagian rumah
kopling tidak terlumasi oli dengan baik yang mengakibatkan pada saat mesin
sudah panas jumlah oli tidak melumasi komponen plat kopling secara sempurna
yang mengakibatkan terjadinya pemanasan berlebih pada platkopling dan tersaji
slip kopling maka memengan perlu menanbahkan lubang oli pada rumah kopling
kusus nya bagian clutch center saja kalau kawan melubangi bagian clutch outer
maka malah membuat oli mesin mudah mengering karna terhempas oleh gaya putar
pada saat mesin menyala maka cukup yang di lubangi hanya clutch center nya
sajah..
Clutch Center
Clutch outer
Demikian
ulasan singkat mengenai kopling KLX 125 semoga bermanfaat bagi para pecinta
tanah basah ......
No comments:
Post a Comment