Friday 1 February 2019

Slip Kopling Klx 150 Dan Cara Meperbaiki Nya


Slip Kopling Klx 150 Dan Cara Meperbaiki Nya ......??




Sedikit ulasan tentang kopling selip pada Klx 150 yang sering terjadi dengan motor tersebut. Sering kali jika kita memakai motor klx 150  mendapatkan hal kopling selip atau lebih parahnya lagi jebol. Saat kita melakukan kegiatan cross di daerah pegunungan, kita menggunakan medan menanjak yang sudah ada, mendapatkan selip kopling adalah hal yang membuat jengkel, dan membuat permainan kita menurun. Kopling adalah salah satu komponen yang mendapat peran banyak dalam hal menjelajah medan sulit Kopling bawaan pabrik kawasaki klx 150 sering kali selip, padahal itu barang ori pabrik loh Crosser! Akan tetapi tenang, sudah banyak cara mengatasi kopling KLX 150 yang sering bermasalah itu. Ada beberapa cara untuk mengembalikan peforma KLX 150 kesayangan anda.

Cara praktis untuk mengatasi selip yang sering terjadi pada KLX 150. Dan kita menambahkan sekitar 200-300ml oli mesin (baru) untuk melumasi plat kopling yang sirkulasi olinya kurang baik. Dengan begitu bagian kopling pada KLX 150 terlumasi dengan mudah (jika sudah ditambahkan). Kalau anda memiliki KLX 150 diatas tahun 2011, maka penambahan 300ml ini tidak perlu, karena KLX 150 sudah berkapasitas 1,2 liter dari pabrikannya.

Subtitusi Plat kopling KLX 150 dengan Honda GL Pro

Banyak beredar bahwa plat kopling KLX 150 dapat di subtitusi dengan plat kopling Honda GL-PRO ataupun plat kopling Honda Tiger. Nah pernyataan tersebut benar , untuk plat kopling GL-PRO ada 5 lembar, kalau Tiger ada 4 lembar. Ingat ya GL-PRO yang biasa, bukan yang neo-tech. Dengan kita mengganti plat kopling dengan yang diatas, gap (jarak) antara plat kopling akan semakin sempit dan membuat plat kopling ga selip. Dianjurkan memakai parts OEM pabrikan Honda, karena part terpercaya ketelitiannya adalah barang pabrikan. Tapi boleh aja pake yang KW atauga pake plat kopling racing. Bisa juga pake plat kopling racing untuk GL-PRO. Dengan begini peforma motor KLX 150 anda tidak akan mengecewakan lagi. OH IYA! Crosser dapat menggunakan plat kopling KX juga loh, tapi kalau itu sesuai selera sih, ada yang nyaman pakai yang ORI motor honda karena kalau ada apa apa gampang, kalau udah pake plat KX kebawaannya pingin pake lagi dan lagi (walaupun harganya yang relatif mahal).

Subtitusi  Plat kopling Kawasaki KX85

Masih kurang puas dengan kampas kopling GL Pro? Kawan bisa menggantinya dengan kampas kopling Kawasaki KX85. Soal kualitas jangan diragukan lagi gimana kuatnya kampas kopling KX85 ini. Bukan apa-apa, KX85 diciptakan sebagai motor balap dalam ajang motocross. Nggak heran kalau kualitasnya memang di atas rata-rata. Menariknya, kampas kopling KX85 juga plug and play pada KLX150. Bakal lebih klop lagi kalau kampas kopling KX85 dipadukan dengan per kopling KX85 juga. Di pasaran, kampas kopling KX85 dijual dengan harga sekitar Rp 175.000 per set (lima lembar). Tinggal pasang saja beres

Mengganti Per Kopling KLX

Menurut kita, per kopling OEM KLX 150 masih terlalu lembek, dengan begini kecepatan untuk memberikan tekanan kepada plat kopling kurang. Atau dapat dibilang kurang galak. Jika para Crosser mengganti perkopling dapat menggunakan per kopling Honda Tiger, Kawasaki Ninja 150 (2 Tak) ataupun Yamaha Jupiter MX 150. Kalau barang aftermarket ada seperti perkopling CLD, Daytona, dsb. Semuanya tinggal plug and play dirumah kopling KLX 150. Penggantian per kopling juga sesuai selera, jika kita menghendaki yang empuk pakailah jupiter mx (kelebihannya empuk tapi responsif, dan tahan terhadap kepanasan mesin) jika menghendaki yang rada keras pakailah per tiger (lebih galak dari MX, tapi kalau udah kena panas, tingkat kekerasannya terasa berkurang) jika menghendaki yang keras pakai aja per ninja 150 (kelebihannya keras, dan tahan terhadap panas mesin, tapi mungkin pegal tangan kiri untuk yang tidak terbiasa dengan per kopling yang keras). Untuk per kopling aftermarket sudah tertera jelas berapa %tase kenaikan tingkat kekerasan pada per kopling tersebut (spring clutch).

Melubangi rumah kopling dengan bor

Cara ini bisa dilakukan untuk memaksimalkan pelumasan yang masuk kedalam komponen susunan plat kopling karna memang setelah di cek secara teliti bagian rumah kopling tidak terlumasi oli dengan baik yang mengakibatkan pada saat mesin sudah panas jumlah oli tidak melumasi komponen plat kopling secara sempurna yang mengakibatkan terjadinya pemanasan berlebih pada platkopling dan tersaji slip kopling maka memengan perlu menanbahkan lubang oli pada rumah kopling kusus nya bagian clutch center saja kalau kawan melubangi bagian clutch outer maka malah membuat oli mesin mudah mengering karna terhempas oleh gaya putar pada saat mesin menyala maka cukup yang di lubangi hanya clutch center nya sajah..

Clutch Center



 Clutch outer


Demikian ulasan singkat mengenai kopling KLX 125 semoga bermanfaat bagi para pecinta tanah basah ......

No comments:

Post a Comment